Macam - macam Pertanda Hari Kiamat

on Selasa, Desember 14, 2010
Disebutkan, bahwa hari kiamat akan datang, saat akhlak manusia sudah berada di titik yg terendah. Yg dimaksud dengan akhlak di sini, bisa berarti perilaku, atau bisa, juga cara-cara yg dilakukan dalam kehidupan. Sebelum akhlak mencapai titik terendah, pasti ada ciri-ciri nya yg akan muncul (terlihat) terlebih dahulu. Berikut adalah ciri-ciri bahwa akhlak manusia akan segera mencapai titik terendah :


1. Kekayaan beredar hanya di antara orang-orang kaya, tanpa manfaat bagi orang-orang miskin.
Tulisan di atas adalah salah satu hadist dari Rasulullah SAW yg diriwayatkan oleh Imam Bukhari. "Kekayaan beredar hanya di antara orang-orang kaya, tanpa manfaat bagi orang-orang miskin". Hal ini bukalah hal yg baru, kita sudah sering menjumpai bahwa banyak orang - orang kaya, yg sangat enggan menyisihkan hartanya demi kepentingan orang lain (orang yg tidak mampu). Orang - orang kaya itu, hanya mementingkan kekayaan dirinya semata tanpa mementingkan orang lain, akibatnya orang yg kaya menjadi semakin kaya. Sedangkan bertolak-belakang dengan itu, orang yg miskin hidupnya akan menjadisemakin miskin, karena tidak ada seorang pun yg mau membantunya.

2. Meluasnya Perzinahan
Rasulullah SAW bersabda : Hubungan seksual tidak sah secara terbuka akan marak. (HR Bukhari). Dari hadist itu, menunjukan bahwa nilai-nilai moral  yg dimiliki manusia akan runtuh, salah satu contohnya adalah "perzinahan". Kita telah banyak menonton acara dan berita di TV yg menceritakan tentang berbagai macam perzinahan. Orang-orang yg berzinah, tanpa merasa malu dan berdosa, justru mengumbar gambar perzinahannya ke dunia . Dalam raut wajah mereka (orang yg berzinah), mereka tidak menunjukan penyesalan, dari apa yg telah mereka perbuat, padahal dosa yg diperbuat dari perzinahan, sangat berat hukumannya, pelacuran, hubungan seks pra-nikah dan di luar nikah, penyimpangan seksual, pornografi, pelecehan seksual, adalah sejumlah petunjuk penting dari keruntuhan nilai-nilai akhlak.

3. Meningkatnya Pembunuhan
Hari Akhir itu tidak akan datang hingga angka pembunuhan meningkat. (HR Bukhari). Pembunuhan menunjukan bahwa, manusia sudah tidak memiliki hati nurani, sehingga mereka bisa dengan mudah membunuh sesamanya.Sebagai bukti : telah banyak disiarkan di media masa, tentang banyaknya kasus pembunuhan yg disebabkan oleh hal sepele.

4.Hilangnya Ilmu Pengetahuan
Menjelang datangnya Hari Akhir akan ada hari-hari ketika pengetahuan (agama) akan dicabut (lenyap) dan kejahiliyahan secara umum akan meluas.... (HR Bukhari). Peristiwa ini menandakan, bahwa akal-akal yg dimiliki manusia telah hilang, sehingga manusia akan kehilangan petunjuk dalam hidup. Juga dijelaskan bahwa akan ada orang yg tidak akan mendapatkan petunjuk hidup (dari Al Qur'an),padahal petunjuk itu (Al Qur'an), sering mereka baca, hal ini diriwayatkan dalam salah satu hadist "Akan datang suatu waktu pada umat ketika orang akan membaca Al Qur'an, tetapi tidak akan lebih jauh dari tenggorokan (tidak masuk ke dalam hati mereka) (HR Bukhari)".  Dari 2 hadist di atas, dapat disimpulkan jika, manusia akan kehilangan ilmu pengetahuan mereka, yg berfungsi sebagai pedoman dan petunjuk hidup. Akibat dari hilangnya ilmu pengetahuan adalah kembalinya manusia ke jaman jahiliyah, yaitu jaman penuh dengan kegelapan, tanpa pedoman hiudp, di mana manusia akan bertindak semaunya tanpa ada yg mengaturnya.

5.  Keimanan Berkurang
Sebelum Hari Akhir akan ada kekisruhan seperti potongan malam yang gelap, ketika seorang manusia akan menjadi seorang beriman di pagi hari dan seorang kafir di sore hari, atau seorang beriman di sore hari dan kafir di pagi hari (HR Abu Daud). Dari hadist tersebut, disebutkan bahwa akan ada orang yg menjalankan ibadah secara tekun, tetapi rajin melakukan maksiat (kata-kata Ustad waktu Solat Jum'at )Yah.. itu bisa disebut munafik,,lah.. Intinya, karena iman yg tidak kuat, maka orang2 akan dengan mudah terombang-ambing diantar keimanan dan kemaksiatan (mungkin bisa disebut labil). Namun ada juga yg secara sengaja melakukan keimanan yg disertai dengan kemaksiatan (nah, ini baru yg namanya munapik), contohnya : orang-orang tersebut, melakukan kebaikan (ibadah) di depan orang banyak (umpamanya pada siang hari), tapi pas malam harinya, orang-orang itu melakukan perzinahan (kemaksiatan). Salah satu akibat, berkurangnya iman, adalah Ketidakpatuhan orang-orang kepada  hukum serta syariat-syariat agama . Dalam suatu hadist Rasulullah, meriwayatkan "Suatu waktu akan datang, ketika seorang manusia tidak akan peduli bagaimana mereka mendapatkan sesuatu, halal atau haram. (HR Bukhari)", dari hadist ini, dapat disimpulkan bahwa, orang-orang telah tidak taat kepada hukum serta syariat agama dalam kehidupan dan mencari nafkah,, akibat iman yg berkurang.

6. Munculnya Berbagai Nabi Palsu
Hari akhir tidak akan datang sebelum datangnya tiga puluh Dajjal, masing-masing mengaku dirinya sebagai seorang utusan Allah. (HR Abu Daud). Sebenarnya, hal ini sudah sering kita lihat dari televeisi maupun koran. Bahwa banyak orang-orang aneh, yg mengaku sebagai nabi, hal ini tentu tidak akan mempengaruhi kita, jika kita sudah yakin  bahwa Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir. Tetapi masih ada beberapa orang gila, yg  percaya dan yakin bahwa nabi palsu itu, adalah nabi sungguhan, dan menjadi pengikut si nabi palsu itu. Oleh karena itu, yg perlu kita lakukan dalam mengatasi hal ini adalah menguatkan iman kita, agar tidak terpengaruh oleh isu-isu nabi palsu (kalo menurut saya, ini masalah ini adalah yg paling mudah untuk dihadapi, karena tidak langsung masuk ke ranah kehidupan).

7. Ibu sudah tidak dihormati
Ada suatu hadist (saya lupa lengkapnya gimana) yg jelas intinya begini : "Pertanda kiamat sudah dekat antara lain adalah jika ada budak melahirkan tuannya". Maksud hadist ini adalah, seorang budak (ibu), melahirkan tuannya (anaknya), udh ngerti maksudnya kan. Kalau belum, biar saya jelaskan, maksudnya adalah jika seorang ianak sudah memperlakukan ibu nya seperti budak. Contohnya, si "A" saat pulang sekolah membanting tasnya dan melempar bajunya, dan dengan entengnya menyuruh ibunya mengambil baju-nya itu dan memerintah ibunya dengan sewenang-wenang.. Nah dari contoh barusan udh  ngerti maksudnya kan??!!

Hal itu menunjukan bahwa seorang anak sudah tidak lagi menghormati ibunya, padahal  surga itu ada dibawah telapak kaki ibu. Dalam kehidupan remaja saat ini, mungkin banyak dijumpai perkataan seperti ini (ingat!! ini cuma contoh) "Ibu gw kok bacot bgt", nah dari perkataan seperti itu, berarti seorang anak  sudah tidak menghormati ibunya. Cobalah,,!! yg merasa seperti itu, maka cobalah berpikir, bahwa Ibu itu adalah ibumu yg harus kamu hormati, bukan budakmu yg bisa kau lecehkan dan ejek serta kau perintahkan sewenang-wenang. Sadarlah!!  bahwa kamu tidak akan berada di dunia ini tanpa ibumu. Jadi hormatilah ibumu, janganlah menjadikannya budak.

Itulah beberapa pertanda kiamat yg didasarkan pada perilaku manusia, semoga Allah SWT memberi kita kekuatan dalam menghadapinya, agar iman kita dan keyakinan kita tidak terpengaruh oleh, proses menurunnya akhlak manusia.

Ingatlah bahwa Islam adalah agama yg memerintahkan kebaikan, dan jika kita melakukan kebaikan, maka Insya Allah kita akan selamat


2 komentar:

akbar danni mengatakan...

Alfi,,!!nih pesanan mu tentang kiamat udh jadi

Reza mengatakan...

kasian dah request tapi request nya sendiri kaga dibaca wakakakak

Posting Komentar