Dosa Besar (bagian 3)

on Jumat, April 29, 2011
Assalamualaikum wr.wb


Sesuai judulnya postingan kali ini akan adalah lanjutan dari postinagn sebelumnya yaitu "Dosa besar (bagian 2)  Di postingan sebelumnya telah dijelaskan dosa besar yg terdapat di tangan dan di perut, dan sekrang saya akan mulai melanjutkannya dengan dosa yg terdapat di kaki,dan diseluruh badan.. Postingan ini cukup singkat karena hanya lanjutan dari postingan sebelumnya


 Langsung saja ke pokok pembicaraan nya.


f) 1 di kaki, yaitu lari dalam peperangan.





Surat Al-Anfal:16 dijelaskan sebagai berikut: "Barang siapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, maka sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya ialah neraka Jahanam. Dan amat buruklah tempat kembalinya." 
Saya hanya bisa menjelsakan bagian ini, sedikit saja, karena saya belum mengetahui keseluruhan makna dari surat di atas!

g)1 di seluruh badan, yaitu durhaka terhadap orang tua. 




Ada beberapa dalil yg menjelaskan tentang hal ini, diantaranya:

  •  “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya.” (Al-Isra': 23)
  • “Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ (AI-Isra': 23).                                                                                                                    Jangan mengatakan “ah” artinya, janganlah berkata-kata kasar kepada keduanya jika mereka telah tua dan lanjut usia. Selain itu, wajib bagimu untuk memberikan pengabdian (berbakti) kepada mereka sebagaimana mereka berdua telah memberikan pengabdian kepadamu. Sesungguhnya, pengabdian orang tua kepada anaknya adalah lebih tinggi dari pada pengabdian anak kepada orang tuanya. Bagaimana mungkin kedua pengabdian itu bisa disamakan?
  • Allah melanjutkan firman-Nya,
    Dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (Al-Isra': 23)
    Yakni ucapan yang lemah lembut kepada orang tua mu
  • “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’ (AI-Isra':24)                                                                                          
  • Oleh karena itulah Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Keridhaan Allah ada di dalam keridhaan kedua orang tua dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan kedua orang tua" (Diriwayatkan Tirmidzi dari hadits Abdullah bin Amr, hadits ini diperkuat oleh hadits Abu Hurairah)
  • Dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Maukah aku beritahu kalian tentang dosa besar yang paling besar? Yakni menyekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua"
Sudah jelaskan??, jika durhaka kepada orangtua itu termasuk dosa besar ,dari penjelasan dari hadist dan Al-Qur'an!

Sekian postingan singkat kali ini, dengan selesainya postingan  ini, maka sudah dijelaskan semua 17 dosa besar. (Lanjutan dari postingan "Dosa besar (bagian 1)" dan "Dosa besar (bagian 2)"


0 komentar:

Posting Komentar